Menjelajahi Pantai – Pantai Cantik dan Destinasi Menarik Pulau Tidung

Menjelajahi Pantai – Pantai Menarik dan Destinasi Menarik Pulau Tidung .Membahas liburan di Pulau Tidung, tentu belum lengkap jika tidak mengatakan pantai – pantai yang indah di sekeliling Pulau Tidung. Pantai – pantai itu memiliki pesonanya masing-masing dan tentu saja pesona yang bagaikan magnet yang menarik kaki kita untuk melangkahkannya kesana. Selain itu, objek wisata pantai Pulau Tidung juga masih memiliki tempat wisata menarik yang akan menjadi sayang jika dilewatkan saat kita berkunjung ke sana.

Pantai di Pulau Tidung

Wisata Pantai pulau tidung

Pulau tidung memiliki 2 pantai yang sangat terkenal akan pasirnya yang putih dan ombaknya yang tenang. Kedua pantai tersebut adalah Pantai Cemara Kasih dan Pantai Saung Perawan.

Pantai Cemara Kasih

Pantai Cemara Kasih pulau tidung

Hal yang berbeda yang akan Anda temui di Pantai Cemara Kasih Pulau Tidung adalah bebas ayunan – kayu yang sengaja dibuat untuk menikmati keindahan pantai sambil bersantai dan berayun oleh wisatawan angin yang menenangkan.

Ayunan – ayunan yang disediakan di Pantai Cemara Kasih bisa Anda mainkan sepuasnya tanpa harus khawatir dikenai biaya lebih karena disediakan gratis. Tapi, karena tempat tidur di Pantai Cemara Kasih merupakan tempat idaman semua orang, tentu Anda harus bersabar jika masih ada orang yang menggunakan ya. Karena, tentu saja jumlah yang ada di Pantai Cemara Kasih ini terbatas dan tidak cukup untuk semua orang secara bersamaan. Walau pun harus menunggu, tapi tempat ini layak dioperasikan dan tidak akan membuat orang menyesal sudah menghabiskan waktu kok.

Pantai Saung Perawan

Pantai Saung Perawan

Pada Pantai Saung Perawan, Anda akan langsung disuguhi oleh pemandangan cantik pasir yang bersandingan harmonis dengan birunya laut yang indah dan tenang tanpa ombak besar yang memecah keheningan.

Disini, Anda akan menjumpai banyak pohon – pohon tinggi yang bisa Anda gunakan Cuaca sangat panas dan terik. Jadi tidak ada masalah yang ingin dikunjungi Pantai Saung Perawan di siang hari karena pohon – pohon yang ada siap untuk menyejukan Anda.

Bagi Anda yang suka sambil menikmati kuliner lokal khas pantai pantai, disini pada Pantai Saung Perawan, Anda akan dimanjakan dengan berbagai hidangan khas laut yang segar dan masih sangat segar dan sangat menggugah selera.

Jika Anda takut dikenai biaya terlalu mahal seperti di tempat wisata pada umumnya. Tipsnya adalah dengan membeli makanan yang ada untuk penjual agar nantinya bisa dijadikan bahan pertimbangan kira-kira mana makanan yang bisa digunakan tapi tetap masuk ke dalam budjet liburan Pulau Tidung Anda.

Jembatan Cinta

cinta jembatan

Lokasi jembatan cinta di antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil karena jembatan cinta satu – satunya akses penghubung kedua pulau. Meskipun jembatan cinta tidak menawarkan keindahan pasir dan laut seperti yang Anda dapatkan di kedua Pantai Saung Perawan dan Cemara Kasih Namun, Jembatan Cinta memiliki daya tarik destinasi wisata sendiri.

Pada jembatan Cinta, ada banyak olahraga air yang dapat Anda coba mulai dari tingkat adrenalin tinggi sampai adrenalin rendah seperti snorkeling. Jika Anda tidak suka bermain watersport, tetaplah mencari tempat wisata yang harus dikunjungi karena disinilah sunset indah bisa Anda saksikan. Keindahan matahari terbenam yang bisa dan sangat mudah jika Anda melihat dengan seseorang yang spesial.

Makan Panglima Hitam

Makan Panglima Hitam ada di Pulau Tidung Kecil dan menjadi tujuan wisata menarik Pulau Tidung yang menawarkan kesan misterius. Hingga kini masih belum jelas siapa itu Panglima Hitam dan Mengapa ia bisa dimakamkan disana.

Ada dua versi cerita yang berkembang dalam Panglima Hitam, salah satu kisah yang mengatakan bahwa ia adalah seorang yang sedang berperang di Batavia. Namun ia berhasil dipukul mundur oleh pihak Belanda dan harus mengungsikan diri ke Pulau Tidung Kecil sampai akhir hayatnya.

Versi kedua dari cerita Panglima Hitam dituturkan oleh Haji Dja’far Arsy yang telah dipercaya masih memiliki hubungan darah dengan orang yang dikabarkan sebagai Panglima Hitam. Menurut Haji Dja’far Arsy, panglima hitam merupakan seorang yang juga dikenal sebagai Wa’Turup dan berasal dari daerah Sulawesi.

Dikisahkan, Wa’Turub sebelum sampai ke Pulau Tidung Kecil, yang disebut bermukim di Malaysia dan menjadi salah satu orang kepercayaan Kesultanan Malaysia. Dari sanalah menurut Haji Dja’far Arsy, sebutan Panglima Hitam muncul. Sebutan itu tidak lain yang menunjukkan jabatan yang diciptakan oleh Wa’Turub saat menjadi orang kepercayaan sultan dan tangan paks militer.

Rider dari siapa sebenarnya Panglima Hitam atau Wa’Turub itu tetap saja menjadi tempat yang menarik untuk mengunjungi Pulau Tidung. Tempat ini akan menambah khasanah wisata Pulau Tidung dan melengkapi pesona pantai – pantai indah yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*